• MENJADI SEKOLAH SEUTUHNYA


    Sekolah Dasar Islam Darut Tauhid merupakan salah satu sekolah binaan dari LAZ Portal Infaq yang sudah berjalan selama 6 tahun ini yakni sejak tahun 2007. Awal  saat berdiri merupakan sekolah darurat karena untuk menyelamatkan pendidikan anak-anak yang ada diwilayah ini, diawali saat banjir 2007 yang ketika didata anak usia sekolah rupanya hampir 80 % usia pendidikan tingkat SD, itu putus sekolah karena sekolah yang didirikan oleh IPI (Ikatan Pemulung Indonesia) itu tiba-tiba bubar ditengah jalan sehingga banyak muridnya yang tidak diberikan rapor sehingga tidak bisa sekolah ditempat lain, Juga akses yang jauh untuk sekolah dasar negeri jaraknya terdekat +/- 2 km dari sini. Anak didik kita berasal dari daerah disekitar sini yaitu Kp. Bedeng, Kp. Kesepatan, Kp. Kali Gendong, Kp. Sawah dan Kp. Rawamalang yang merupakan daerah kumuh di Jakarta Utara. Anak didik saat ini sekarang sudah lebih dari 300 siswa dhuafa yang seluruh biaya pendidikannya gratis. 

    Sudah menjadi impian sejak lama untuk menjadi sekolah seutuhnya seperti sekolah-sekolah kebanyakan bukan hal mudah, untuk mewujudkan hal tersebut banyak aral dan rintangan untuk bisa menyelesaikannya, seperti kata pepatah Arab yaitu ”Man Jadda Wa Jadda” artinya bila serius maka akan sukses. Oleh karena itu kami berusaha sekuat tenaga agar sekolah ini diakui keberadaannya, maka kita telah berjuang selama tiga tahun agar sekolah ini bisa di akui, saya sudah sering bolak-balik kelurahan agar sekolah ini bisa dibantu perizinannya tetapi bukannya bantuan kita terima tetapi penyangkalan bahkan makiaan. Bahkan lurah pernah berucap "emang ga ada sekolah lain" padahal sekolah negeri jaraknya dari lokasi sekitar 2 km dan sebagian besar anak-anak sekitar putus sekolah karena ekonomi dan sulitnya pemahaman orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Bahkan dia juga pernah berkilah "jikalau presidenpun memberi izin kalau tidak ada tanda tangan saya maka tidak akan bisa". Walaupun begitu kita tetap berjuang agar sekolah ini bisa diakui. Pemerintah saja memperjuangkan pendidikan hingga kepelosok desa-desa terpencil, namun sekolah kita yang berada di ibukota sangat sulit mengurus izin sekolah, tetapi kita tetap memperjuangkan keberadaan sekolah ini tanpa kenal menyerah.

    Saat datangnya Gubernur DKI kewilayah ini pada tanggal 2 Mei 2009 saya berusaha untuk berbicara langsung dengan gubernur Bapak Fauzi Bowo agar perizinan sekolah ini bisa di bantu, akhirnya segala perjuangan kita berbuah hasil dengan dipermudahnya proses perizinan sekolah dengan keluarnya Izin Prinsip, namun itu bukan akhir dari perizinan, maka kita juga harus mengurus izin operasional sekolah, akreditasi, npsn, dan nomor identitas sekolah.

    Karena izin-izin itu belum keluar maka terpaksa anak didik kelas 6 harus menumpang ujian nasional sejak tahun 2009 di SDN Rorotan 02, yaitu sekitar perjalanan 2 km atau perjalanan 2 kali naik mobil  bahkan sekitar 1 jam perjalanan dari sekolah ini. Dalam perjalanan jika anak kelas 6 tidak punya ongkos kesana mereka naik sepeda agar sampai kesana, karena jalanan masih tanah becek maka sesampainya disana baju putihnya berubah menjadi kecoklatan. Ujian Nasional telah berjalan disekolah SDI DT selama 3 angkatan hingga keluar surat akreditasi sekolah pada tahun 2012 ini.

    Walupun anak didik kita berasal dari anak-anak dhuafa namun secara perlombaan mereka membanggakan dengan banyaknya perlombaan yang kita menangkan dari awal berdiri hingga sekarang yaitu Juara I Lomba Kaligrafi Loketa se Kecamatan Cilincing pada September 2012,  Juara III Futsal Tk. SD se Rorotan tahun 2012, Juara I Lomba Futsal for Humanity pada 28 Mei 2011, Juara I Lomba Marathon Se Jabodetabek tahun 2011, Juara I Pramuka Siaga Putri Lomba Ketangkasan Siaga (LKS) Tingkat Kecamatan pada tahun 2010,  Juara Harapan II Pramuka Siaga Putra Lomba Ketangkasan Siaga (LKS) Tingkat Kecamatan pada tahun 2010 Juara I Pramuka Penggalang Putra pada Lomba Lintas Budaya Pesisir (LLBP) Tahun 2009,  Juara II Mendongeng Tingkat Jabodetabek Tahun 2009 dan Juara 1 Futsal For Humanity pada tahun 2008.

    Dalam perkembangannya kita ingin sekolah ini menjadi sekolah yang berkualitas sesuai dengan visi SDI Darut Tauhid yaitu terwujudnya sekolah berkualitas yang mampu membentuk peserta didik yang menguasai ilmu pengetahuan dengan landasan nilai-nilai islami, berbudi pekerti luhur juga berguna bagi nusa dan bangsa. Oleh karena itu disekolah ini walaupun biaya pendidikan gratis dan anak didik berasal dari anak dhuafa tetapi tetap memikirkan kualitas sehingga walupun SDI sekualitas SDIT dengan pembelajaran ditambahkan dengan mata pelajaran tahsin, tahfidz dan bahasa Arab, juga mempunyai targetan siswa itu bisa hafal juz 30 pada saat lulus nanti. Dan juga ditambah banyaknya ekskul yaitu ekskul Qosidah, Marawis, Teater, Pramuka, Dokter kecil, Tari Saman, Komputer dan Silat.

    Alhamdullilah di tahun 2012 ini segala impian kita untuk menjadi sekolah seutuhnya terwujud juga semua perizinan sekolah telah selesai sehingga kita bisa mengadakan ujian mandiri. Rupanya doa dan usaha tanpa menyerahlah yang menjadi kunci keberhasilan izin-izin sekolah bisa selesai. Karena tidak sedikit rintangan yang dihadapi, seperti lurah yang berganti tetap mempersulit, maka kita meminta bantuaan anggota DPRD DKI untuk membantu proses kita. Sehingga dalam waktu bersamaan surat izin itu keluar bersamaan diantaranya yaitu surat izin operasional, surat akreditasi B, dan nomor identitas sekolah pada Desember 2012 ini. Sekarang kita sedang meningkatkan kualitas pendidikan dan pendidik, yang awalnya guru-guru adalah relawan pendidikan maka saat ini ada peningkatan mutu anak didik dan pendidiknya sehingga menjadi guru yang profesional. Semua perjuangan ini menjadi sekolah seutuhnya dengan doa dan bantuan banyak pihak terutama LAZ Portal Infaq yang sejak awal berdiri menjadi penyokong utama keberhasilan kita juga banyak pihak yang tidak dapat di ucap satu persatu. Semoga Allah melimpahkan keberkahannya kepada semua pihak yang telah membantu keberadaan sekolah ini dan menjadi amal baik yang menjadi pemberat di akhirat nanti. Amin 






  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

kontak lainnya

https://www.facebook.com/syarif.abdurrahman
https://twitter.com/syarifdt
Whats app/08999696844
syarif_unj@yahoo.com
syarif2001@gmail.com
sdidaruttauhid@yahoo.co.id
http://ralfirdaus.blogspot.com/
http://mtsdaruttauhidjakarta.blogspot.com/
http://tbacerah.blogspot.com/

Qosidah

TBA Cerah

DENAH GEDUNG RUANG KELAS SDI DT

PETA SDI DARUT TAUHID

Cari Blog Ini

SUPPORT BY

Selamat Datang di website kami


Perputakaan

Pramuka

Upacara Bendera