• TETAP SEMANGAT MENGAJAR DAN BELAJAR WALAU BANJIR LAGI



    Banjir yang melanda ibukota Jakarta, juga terkena hingga ke daerah Kampung Kasepatan, Rorotan merupakan salah satu pemukiman warga yang dilanda banjir hingga ketinggian 2 meter. Sebanyak 450 KK atau 1.600 jiwa mengungsi ke lokasi yang aman dari banjir. Dan juga daerah lain sekitarnya yaitu daerah Kp. Bedeng, Kp. Sawah, dan Kp. Rawamalang yang merupakan tempat tinggal wali murid SDI Darut Tauhid. Banjir ini dikarenakan hujan deras diikuti banjir yang mengguyur Ibukota Jakarta Jumat (17/1/2014) hingga sekarang (28/1/2014), musibah banjir ini menyisakan banyak masalah. Selain banyak warga yang rumahnya menjadi korban genangan dan luapan air, kegiatan belajar mengajar di SDI Darut Tauhid terhambat kegiatan belajar mengajarnya karena sekolah sebenarnya tidak libur. Namun karena siswa sedang kebanjiran, sehingga sejak Jumat tak ada kegiatan belajar mengajar hingga hari kamis (23/1/2014) baru kegiatan belajar mengajar dimulai kembali.

    Jumlah siswa yang belajar masih sangat sedikit, hanya sekitar 40 persen dari total 288 siswa. Ini karena rumah-rumah siswa masih ada yang terendam banjir. Dan sebagian masih mengungsi di container-kontainer di dekat rumah mereka. Kalaupun sudah terbebas banjir, seragam sekolah mereka tak ada lagi yang kering. Bahkan banyak peralatan sekolah yang hanyut.

    Agar mereka dapat mengikuti KBM seperti biasanya. Kami minta agar para siswa korban banjir, tetap semangat belajar. Karena di balik musibah banjir pasti ada hikmahnya.

    Beberapa siswa yang rumahnya di sekitar Kp. Rawamalang dan sekitarnya meski kondisi rumah dan jalan banjir cukup tinggi hingga mencapai lututnya, tetap menerobos dengan semangat. Meski sekali-kali terhuyung dan kadang hampir jatuh, karena dalamnya air dia tetap terus melanjutkan perjalanan ke sekolah yang jaraknya sekitar satu kilometer dari rumahnya itu.

    “Sudah enam hari saya tidak masuk sekolah, sejak banjir besar hari Jum’at 18 Januari 2014 lalu, dan baru berangkat hari ini. Sejumlah buku demikian juga dengan seragam, sepatu, dan perangkat sekolah, semua terendam banjir”, ujar salah satu siswa.

    Sekolah tidak libur karena guru setiap hari stand by di sekolah menanti kedatangan siswa, namun karena siswa kebanjiran rumahnya dan akses jalan serta sekolah juga terendam sehingga tak ada yang berangkat dan kita memaklumi kondisi ini. Untuk hari pertama masuk ini hanya bersih-bersih dahulu, pelajaran mungkin kita berikan belum maksimal.

    Kami guru-guru belum bisa mengajar para siswa dengan maksimal karena saat ini banjir susulan kembali melanda di rumah warga di sekitar Kp. Kesepatan dan sekitarnya, karena kondisi sekolah masih banjir cukup dalam dan saat ini siswa juga masih mengungsi bersama orangtuanya di beberapa tempat pengungsian. Dan kita memakluminya sehingga hanya siswa yang dekat dari sekolahlah yang sekarang masih bisa ikut kegiatan belajar mengajar di sekolah.

    Ratusan korban banjir terutama siswa SDI Darut Tauhid belum bisa kesekolah, karena rumah dan akses jalan masih terendam hampir satu meter dan di dalam rumah mencapai setengah meter.

    Kondisi banjir di sekolah sudah surut, namun masih merendam cukup dalam di sejumlah lokasi. Oleh karena itu kita bisa memaklumi bila para siswa mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar dengan Pakaian Seadanya, Ada siswa yang pakai sandal jepit bahkan ada yang bertelanjang kaki saat mengikuti pelajaran.

    Alhamdullilah ada beberapa donatur yang memberikan perlengkapan alat tulis kepada seluruh siswa yang terkena dampak banjir berupa 5 buku tulis dan alat tulisnya. Sehingga anak-anak bisa kembali sekolah dan bersemangat walau dalam kondisi bencana banjir. Tetapi kita masih mengharapkan bantuan dari berbagai pihak untuk membantu perlengkapan belajar siswa yang hanyut kena dampak banjir di sekitar rumahnya. Semoga Allah memberikan cobaan ini agar kita lebih dekat kepada Nya . Amin (29/1/2014)

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

kontak lainnya

https://www.facebook.com/syarif.abdurrahman
https://twitter.com/syarifdt
Whats app/08999696844
syarif_unj@yahoo.com
syarif2001@gmail.com
sdidaruttauhid@yahoo.co.id
http://ralfirdaus.blogspot.com/
http://mtsdaruttauhidjakarta.blogspot.com/
http://tbacerah.blogspot.com/

Qosidah

TBA Cerah

DENAH GEDUNG RUANG KELAS SDI DT

PETA SDI DARUT TAUHID

Cari Blog Ini

SUPPORT BY

Selamat Datang di website kami


Perputakaan

Pramuka

Upacara Bendera