• PERJALANAN PENDIDIKANKU


    Sebuah perjuangan agar tetap sekolah, membayangkan bisa bersekolah di SMA favorit 13 membayangkan saja susah, karena dikeluarga besar belum ada yang lulus SMA waktu itu. Ketika lulus dari sekolah dasar hampir saja putus sekolah karena tidak bisa melanjutkan di smp negeri karena orang tua hanya bekerja sebagai guru ngaji. akhirnya bisa sekolah gratis selama 3 tahun di MTs Al Muhajirin dengan menjadi pesuruh sekolah beserta anak2 yatim/dhuafa lainnya. lalu ketika ingin melanjutkan ke SMA terbayangpun tidak karena tidak mampu membiayai pendidikan, tapi alhamdullilah ada donatur (hingga saat ini ga tahu namanya)yang mau membiayai saya bersekolah jika saya bisa lolos masuk di SMA 13. saya tidak tahu bahwa SMA 13 adalah SMA favorit, yang saya tahu adalah belajar dengan sungguh-sungguh supaya bisa masuk kesana dan tetap bisa melanjutkan sekolah. al hamdulillah bisa masuk ke SMA ini. diSMA banyak mengikuti kegiatan Ekskul diantaranya Pramuka, rohis dan osis. karena saya meyakini bahwa sangat sayang kalau 3 tahun hanya diisi pengalaman di ruang kelas saja tapi Skill hidup itu bisa di dapat dari kegiatan ekstra dalam perjalannya tetap bisa hingga Lulus. namun untuk melanjutkan keperguruan tinggi saat itu tidak mungkin karena dari orang tua, kakak maupun kerabat tidak ada yang mendukung. tapi teman-teman mentoring/liqo patungan untuk membiayai saya ikut UMPTN dan lolos di terima pada tahun 2001 di jurusan ekonomi UNJ. untuk bisa tetap kuliah harus mencari beasiswa kemana diantaranya dompet duafa, dan Supersemar. alhamdullilah lulus di tahun 2006.

            Pada saat banjir 2007 daerah saya Kp. Bedeng kesepatan dan sawah terkena banjir yang cukup besar yaitu sekitar 2 m atau setinggi leher orang dewasa tetapi selama 4 hari tidak ada bantuan dari pemerintah bahkan ketika melaporkan ke salkorlak kecamatan daerah ini dianggap tidak terkena dampak banjir. Padahal ada lebih dari 1000 orang mengungsi didalam container, bantuan pertama kali pada hari ke 4 yaitu dari LAZ Portal Infaq lalu setelah itu banyak lagi bantuan dari LSM dan donator lainnya. Setelah banjir itu selesai saya diamanahkan memberikan bantuan pendidikan kepada anak-anak sekitar namun setelah didata hampir 80 % usia pendidikan tingkat SD, itu putus sekolah karena sekolah yang didirikan oleh IPI (Ikatan Pemulung Indonesia) itu tiba-tiba bubar ditengah jalan sehingga banyak muridnya yang tidak berikan rapor sehingga tidak bisa sekolah ditempat lain. Saat itu saya baru lulus dari UNJ dan belum mendapat pekerjaan, maka saya berdoa kepada Allah agar bisa membantu daerah ini dengan mendirikan pendidikan didaerah ini. Doa itu dikabulkan dengan tawaran ust. Syamsudin untuk mendirikan sekolah SD didaerah ini agar bisa menyelamatkan pendidikan anak-anak sekitar yang sebagian besar adalah anak dhuafa. Maka saya berazzam untuk mendirikan Sekolah Dasar Islam Darut Tauhid walaupun saat itu tidak ada modal atau dalam menggaji guru nanti. Tetapi saya yakin Allah SWT akan membantu umatnya yang membantu agama Allah. Saat mulai mendirikan sekolah ini jumlah murid sekitar 60 siswa yang berasal dari anak putus sekolah dari kelas 1 s/d 4, dan 4 orang guru. Pada awalnya kita meminta SPP kepada murid namun banyak yang tidak bias membayarnya karena tidak mampu sehingga kita berinisiatif untuk menggratiskan seluruh biaya pendidikan agar yang penting mereka tetap sekolah. Anak didiknya berasal dari daerah disekitar sini yaitu Kp. Bedeng, Kp. Kesepatan, Kp. Kali Gendong, Kp. Sawah dan Kp. Rawamalang yang merupakan daerah kumuh di Jakarta Utara. Dalam awal prosesnya disekolah ini walaupun kita biaya pendidikan gratis tetapi tetap memikirkan kualitas sehingga walupun SDI sekualitas SDIT dengan pembelajaran ditambahkan dengan mata pelajaran tahsin, tahfidz dan bahasa Arab, juga mempunyai targetan siswa itu bisa hafal juz 30 pada saat lulus nanti. Dan juga ditambah banyaknya ekskul yaitu ekskul Qosidah, Marawis, Pramuka, Dokter kecil, Tari Saman, Komputer dan Silat, dari Ekskul yang diajarkan kita membuahkan hasil mendapatkan penghargaan sebagai Juara I Pramuka Penggalang lomba Lintas Budaya Pesisir Tingkat Jakarta Utara, Juara 2 Lomba Dongeng se Jabodetabek, juara 1 lomba Marathon Sejabotabek, Juara Umum Ketangkasan Siaga, Juara 1 Kaligrafi tingkat kecamatan, Juara 3 Futsal tingkat kelurahan dan Lain-lain.

              Sekarang SDI Darut Tauhid telah berjalan selama 6 tahun ini muridnya sudah berjumlah 300 anak didik. Gedung yang awalnya seadanya hanya 3 ruang tetapi dengan banyaknya bantuan dari para donator kita bisa menambah ruang kelas sehingga kita bisa memberikan tempat yang nyaman agar anak bisa sekolah. Namun masih banyak lagi sarana yang masih kurang diantaranya halaman sekolah yang masih beralaskan tanah, meja bangku siswa yang reot karena berasal dari bangku meja rusak dari sekolah negeri yang kita perbaiki, perpusatakaan dan lab computer yang tergusur karena bertambahnya murid sedangkan ruangan seadanya dan masih banyak lagi. Dan untuk perizinan kita mendapat izin oprasional dan sudah terakreditasi B. Ditambah lagi kita bisa membangun MTs dan TK/RA didaerah ini karena tidak ada TK disekitar sekarang siswa TK berjumlah 47 anak, kita ingin membentuk TK/RA untuk kaum dhuafa dengan nama RA Al Firdaus.

                Inilah gerak nyata saya sebagai alumni SMUN 13 dengan niat peduli akan kelangsungan pendidikan dari anak-anak dhuafa yang terhambat oleh biaya pendidikan yang semakin tinggi. saya tetap bersilaturahim antar angkatan 2001 dengan program DTS 2001 dengan berkarya untuk membantu sesama dengan menyalurkan zakat, sedekah, infaq dari rekan-rekan, serta keinginan tulus dari rekan-rekan angkatan 2001 dengan membantu di pembangunan dan santuanan pendidikan di SDI Darut Tauhid Cilincing.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

kontak lainnya

https://www.facebook.com/syarif.abdurrahman
https://twitter.com/syarifdt
Whats app/08999696844
syarif_unj@yahoo.com
syarif2001@gmail.com
sdidaruttauhid@yahoo.co.id
http://ralfirdaus.blogspot.com/
http://mtsdaruttauhidjakarta.blogspot.com/
http://tbacerah.blogspot.com/

Qosidah

TBA Cerah

DENAH GEDUNG RUANG KELAS SDI DT

PETA SDI DARUT TAUHID

Cari Blog Ini

SUPPORT BY

Selamat Datang di website kami


Perputakaan

Pramuka

Upacara Bendera