• MENGINGAT PERJUANGAN LASKAR PELANGIKU



    Ketika menyuruh anak anak MTs Darut Tauhid yang berjumlah 8 orang untuk meringkas buku novel laskar pelangi teringat kembali ketika merintis sekolah SDI Darut Tauhid di tahun 2007 ketika itu banyak anak di sekitar yang tidak sekolah karena ada sekolah pemulung yang tiba-tiba bubar, sehingga rata-rata mereka menganggur tidak sekolah sekitar 1 hingga beberapa tahun. Sehingga tercetus untuk membangun sekolah yang murah bahkan gratis agar anak-anak itu tetap bersekolah. Memang diawal berdiri kita sudah bisa merekruk anak-anak sebanyak 60 siswa agar bisa melanjutkan sekolah dari kelas 1 hingga kelas 4, khusus kelas 4 adalah siswa pertama yang nanti akan lulus sebagai angkatan pertama.

    Buku novel dan film laskar pelangi menginspirasi saya untuk mendirikan sekolah dengan segala keterbatasan agar mereka tetap bisa bersekolah. Hampir alur dan cerita yang ada di novel hampir sama, dengan rincian bahkan kita tinggal di sekitar daerah industri di sekitar jalan raya Cakung Cilincing nama daerah kita yaitu Kp.Bedeng yang tidak ada di dalam peta, yaitu daerah kumuh diantara industri sekitar. Jumlah murid kelas 4 saat itu berjumlah 9 anak yaitu Haris, Suhar, Noto, Bayu, Aminah, Warda, Fitri, Fahrizal dan Warno. Disembilan anak itu hampir mewakili karakter dalam novel laskar pelangi bahkan ada yang seperti Harun. Salah satu murid yang berkesan adalah Aminah ketika masuk dikelas 4 sama sekali tidak bisa membaca saya saat itu wali kelas 4 berusaha agar anak-anak seluruhnya bisa membaca. Maka setiap waktu istirahat agar berlatih membaca dibimbing saya tetapi beberapa kali selalu setiap istirahat tidak terlihat disekolah hingga bel berbunyi baru kembali kesekolah. Ketika ditanya mengapa selalu hilang saat disuruh membaca, “saya lebih baik dihukum apa saja asal jangan membaca” aminah menjawab. Tapi itu tidak menurunkan semangat agar ia tetap bisa membaca, 2 tahun kemudian bisa membaca lancar, tetapi diakhir pendidikannya ia harus berhenti karena harus menikah sebelum lulus dari SD. Begitu pula Warno yang seperti tokoh Harun harus berhenti sebelum lulus SD karena membantu bengkel keluarganya.
     


    Laskar pelangi menginspirasi anak-anak disaat ada donatur/orang tua asuh membiayai nonton bareng film laskar pelangi di bioskop 21, disaat pulang tercetus untuk membuat drama dengan judul laskar plongo, yang telah banyak dipentaskan dibeberapa tempat diantaranya di bantar gebang, pentas seni anak bahkan dihadapan gubernur waktu itu bapak Fauzi Bowo. Seperti di film laskar pelangi kita juga mendapat juara yang tidak diduga-duga ketika menjuarai kegiatan pramuka dengan menjadi juara 1 lomba lintas budaya pesisir, padahal waktu itu kita baru terdaftar digugus depan pramuka kwartir ranting cilincing. Disaat lomba dihadiri 50an peserta penggalang dari tingkat SD-SMP di sekitar jakarta utara, namun alhamdullilah kita mendapat juara 1 dengan perjuangan latihan mengalahkan sekolah-sekolah lain yang sudah lama. Begitu pula ada yang mengikuti lomba Olimpiade Mipa kita mendapat nilai yang tidak begitu jelek untuk sekolah yang baru berdiri waktu itu.

    Di saat waktu meluluskan siswa kelas 6 pertama waktu itu di tahun 2010, anak kelas 6 yang akan lulus ini seluruhnya berasal dari anak-anak putus sekolah karena perekonomian keluarga ataupun karena lainnya. Ada yang tinggal dibawah jembatan, dipinggir kali dan juga dipinggir jalan. Namun bagi mereka pendidikan merupakan bukan hal yang mudah karena bukan hanya jauh tetapi juga kemauan, namun semua hal itu sirna setelah mereka masuk ke SDI Darut Tauhid. Walaupun usia mereka banyak yang diatas umur anak SD pada umumnya tetapi tidak menyurutkan mereka untuk tetap semangat belajar.

    Sekolah SDI Darut Tauhid waktu itu belum mendapat izin operasional maka siswa siswi harus ujian menumpang dengan sekolah diwilayah terdekat yaitu sekitar 2 km darisekolah kami yaitu SDN Rorotan 02. Untuk dapat kesekolah tersebut kita harusnaik 2 kali mobil. Bisa juga dengan sepeda, kalau ingin melewati jalan yang terdekat dengan menyebrangi Sungai Cakung Drain lalu memakai getek untuk seberangi sungai dilanjutkan melewati padang ilalang juga hamparan sawah yangcukup panjang dengan jalan becek dan berliku-liku sehingga ketika sampai ketempat ujian pakaian yang tadinya berwarna putih menjadi kecoklatan karena kecipratan lumpur tanah merah. Namun semua yang telah mereka lalui tidak menghalangi mereka untuk tetap semangat untuk mengikuti ujian Negara UASBN waktu itu. Alhamdullilah pada pengumuman kelulusan SD semua murid kami yang berjumlah 7 orang itu seluruhnya lulus 100% dengan nilai UASBN yang tidak mengecewakan
     

    Saat ini saya sedang merintis lagi laskar pelangi yang baru di tingkat MTs. Karena banyak lulusan sekolah ini maupun sekitar yang tidak melanjutkan bersekolah dengan alasan ekonomi dan lingkungan, oleh karena itu untuk mensisatinya dengan membangun sekolah lanjutan agar anak-anak tetap bersekolah biaya pendidikan gratis dengan pembiayaan masih subsidi dari BOS SD. Saat ini siswa nya baru berjumlah 8 anak tapi kami yakin bahwa anak-anak ini tetap bersemangat bersekolah agar mereka bisa menggapai cita-cita mereka.

    Sekarang sudah 4 tahun berlalu seharusnya mereka sudah berada di kelas 10 SMA, namun dari 7 orang yang lulus dari SD ini tersisa 3 anak yang masih bersekolah yang lain selain faktor ekonomi juga karena faktor lingkungan karena banyak diusia mereka menjadi pekerja, baik itu pemulung maupun sopir. Dari beberapa siswa kita saat ini diusianya telah menjadi sopir jemputan KBN, tukang las, pemulung besi dan pengangguran. Saya sangat berharap dari siswa yang tetap bersekolah bisa melanjutkan melanjutkan kejenjang selanjutnya, seperti para alumni laskar pelangi andrea hirata dkk. Semoga ada anak murid yang bisa menceritakan pengalamannya bersekolah disini dan membuatkan novel yang menggugah anak-anak lain untuk bisa tetap bersekolah dan bersemangat menggapai cita-cita.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

kontak lainnya

https://www.facebook.com/syarif.abdurrahman
https://twitter.com/syarifdt
Whats app/08999696844
syarif_unj@yahoo.com
syarif2001@gmail.com
sdidaruttauhid@yahoo.co.id
http://ralfirdaus.blogspot.com/
http://mtsdaruttauhidjakarta.blogspot.com/
http://tbacerah.blogspot.com/

Qosidah

TBA Cerah

DENAH GEDUNG RUANG KELAS SDI DT

PETA SDI DARUT TAUHID

Cari Blog Ini

SUPPORT BY

Selamat Datang di website kami


Perputakaan

Pramuka

Upacara Bendera